Tanya Jawab Juniper JNCIA

JUNIPER

1) Apa itu Juniper?
Jawab :

Juniper Networks, Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP (Internet Protocol). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks, Ericsson, dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.

Produk Juniper terdiri atas keluarga router T-series, M-series, E-series, MX-series, dan J-series, Switch ethernet EX-series, perangkat optimasi WAN WX-series, dan perangkat Session & Resource Control (SRC).

2) Apa itu JNCIA?
Jawab :
JNCIA adalah sertifikasi networking pada level dasar (associate) yang diperuntukkan bagi mahasiswa/engineer/umum yang ingin mendalami teknologinya Juniper. Tidak hanya teknologinya saja yang dipelajari, tapi juga perangkatnya Juniper( Router & Switch).  JNCIA saat ini menjadi requirement bagi engineer yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi khususnya networking. Dengan memiliki JNCIA, engineer memiliki prospek pekerjaan yang kompetitif untuk kedepannya.

3) Bagaimana cara mendapatkan JNCIA?
Jawab :
Anda mengikuti ujian sertifikasi (exam) di perwakilan Juniper yaitu Pearson Vue. Di Jakarta misalnya Netcampus.
Sebelum mengikuti ujian, Anda harus mendaftar dulu. Untuk mengetahui lokasi ujian yang dekat dengan Anda, silahkan klik Locate Test Center.
Pada saat pendaftaran ujian, Anda akan ditanya kode ujiannya (exam code) untuk sertifikasi Juniper JNCIA.

 

4) Berapa biaya ujian untuk JNCIA?
Jawab :
Untuk JNCIA harga ujiannya 200 USD
Biasanya Anda akan dikenai pajak dan biaya administrasi jika mengikuti ujian di perwakilan Pearson Vue. Biaya tersebut berbeda-beda tiap lembaga. Dan harga akhir yang harus dibayarkan tergantung kurs dollar pada saat Anda mendaftarkan diri untuk ujian.

Berdasarkan informasi dari marketing Netcampus pada 10 Jan 2017, biaya ujian JNCIA 200 USD include administrasi totalnya Rp 4.300.000

5) Bagaimana cara mendaftar ujian JNCIA di PearsonVue?
Jawab :
Berikut ini beberapa langkah praktis untuk mendaftar ujian JNCIA :
a. Kontak lembaga testing center pilihan Anda. Biasanya 1 atau 2 minggu sebelum waktu pelaksanaan ujian. Carilah yang dekat dengan lokasi Anda tinggal.
b. Isi formulir pendaftaran ujian, biasanya terdapat kode ujian dan waktu pelaksanaan ujian. Setelah itu kirimkan kembali ke pihak testing center.
c. Transfer biaya ujian ke lembaga testing center atau datang langsung dengan membayar cash
d. Datang ke lokasi ujian 30 menit sebelum waktu pelaksanaan ujian
e. Tips dari intra : pada saat memilih jam ujian, hendaknya pilih yang pagi hari, misal jam 09.00 – 11.00. Karena pada jam ini biasanya belum melakukan aktivitas pekerjaan yang nantinya dapat mengganggu konsentrasi pada saat ujian.

 

6) Bagaimana cara belajar untuk mendapatkan JNCIA?
Jawab :
Untuk mendapatkan JNCIA Anda bisa mengikuti salah satu dari tiga cara ini :
Pertama, belajar mandiri. Anda mencari sumber belajar dan mempraktikannya sendiri.
Kedua, mengikuti training di Juniper Champion. Juniper Champion biasanya ada di adakan di juniper partner dan membutuhkan waktu yang lama untuk menempuh 4/5 bulan.
Ketiga, mengikuti training di INTRA. Dengan program Training INTRA Anda mendapatkan delivery materi dengan waktu yang relatif singkat, bisa 2-3 hari.

7) Mengapa harus ikut training JNCIA?
Jawab :
Tidak ada keharusan untuk mengikuti training JNCIA ketika Anda ingin mengambil ujian JNCIA. Juniper sendiri tidak menjadikan syarat training sebagai syarat untuk mengikuti ujian JNCIA. Jika Anda sudah pede untuk ujian, bisa langsung daftar ke perwakilan Pearson Vue, tapi jika  belum pede, disarankan untuk mengikuti training, karena jika Anda gagal dalam mengerjakan soal ujian JNCIA maka Anda akan kehilangan 295 USD + biaya administrasi dan tidak bisa di retake lagi.

 

8) Apa saja yang harus dipelajari biar bisa lulus ujian JNCIA?
Jawab :
Materi ujian dapat dilihat di Course Outline di sini. Agar Anda bisa lulus, Anda harus menguasai topik yang akan diujikan.

 

9) Bagaimana kita tahu lulus ujian JNCIA atau tidak?
Jawab :

Setelah Anda mendaftar ujian ke perwakilan Pearson Vue, selanjutnya Anda tinggal ujian pada hari dan jam yang telah  ditentukan sendiri atau mengikuti jadwal dari perwakilan Pearson Vue.

Kemudian setelah Anda selesai ujian, begitu di submit jawaban yang telah diisi maka akan keluar hasilnya dan exam report akan dikirimkan oleh Admin ke email Anda, contoh seperti berikut ini : (Lihat pada status Grade : jika lulus isinya Pass, jika gagal isinya Failed)

 

Kalau sudah lulus JNCIA, Anda akan mendapatkan nomor Cert ID (atau biasanya disebut nomor cantik Juniper) dan nomor sertifikat dapat di verifikasi di web: certmetrics.com/juniper/public/verification.aspx (contohnya seperti dibawah ini)

 

10) Berapa passing grade untuk ujian JNCIA?
Jawab :
Passing grade adalah nilai minimal untuk lulus ujian JNCIA. Anda harus mendapatkan score diatas 70 dari nilai total 100. Jika dibawah 70 Anda tidak lulus ujian JNCIA.

11) Berapa soal yang harus saya kerjakan dan berapa lama waktunya ?
Jawab :
Berdasarkan informasi dari website Juniper, lama ujian 90 menit dan jumlah soal 50-60.

12) Bagaimana bentuk soal ujian JNCIA?
Jawab :
Bentuk soal ujian bisa berupa :
-Multiple-choice single answer
-Multiple-choice multiple answer
-Fill-in-the-blank
-Testlet

13) Jika sudah lulus JNCIA, berapa lama masa aktif JNCIA-nya?
Jawab :
Masa aktifnya 3 tahun, setelah itu bisa re-exam JNCIA lagi atau bisa ngambil ujian diatasnya sebelum masa aktifnya habis.

14) Apakah saya boleh menambahkan JNCIA dibelakang nama saya di CV?
Jawab:
Selama sudah lulus menempuh ujian JNCIA dan masih aktif JNCIA-nya, maka Anda boleh menambahkan JNCIA dibelakang nama Anda, misalnya ‘Nama Anda, JNCIA’.

15) Seperti apa ciri-ciri sertifikat JNCIA?
Jawab :
Setelah mengikuti ujian JNCIA di Pearson Vue  akan mendapatkan sertifikat seperti berikut ini JIKA LULUS ujian:

 

Perbedaan sertifikat lokal dan internasional dapat dilihat dari poin berikut ini:
1) Nama yang tanda tangan
2) Masa berlaku cek di web certmetrics
3) Memiliki nomor sertifikat untuk verifikasi keaslian sertifikat

Notes:

  • Kalau yang tanda tangan namanya adalah nama-nama orang Indonesia misalnya Denny, Andri, Egi dan Rafi maka itu lokal,
  • Kalau tidak ada masa berlaku, tidak ada nomer verifikasi, tidak ada Cert ID maka bukan internasional
  • Kalau yang tanda tangan nama orang luar misalnya Pardev Sindhu, maka itu internasional

16) Sertifikat yang mana yang digunakan untuk melamar pekerjaan?
Jawab:
Sertifikat dari JNCIA dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Akan tetapi jika yang menjadi requirement misalnya harus  punya sertifikat JNCIA berarti yang dimaksud dengan requirement tersebut yaitu Training dan exam yang biaya  seharga 200 USD.

Ada juga lamaran pekerjaan yang membutuhkan lulusan non serti tanpa lulus ujian JNCIA dulu. Hal ini tergantung dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan ke Anda. Jadi, perlu diperhatikan requirementnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *